Ini Dia Perkembangan Motorik Si Kecil Saat Masuki Usia 3 Bulan

Makin hari tumbuh kembang bayi makin seru untuk diikuti, iya nggak Bund? Nah, memasuki usia 3 bulan, pada umumnya si kecil sudah banyak berkembang. Perkembangan ini akan lebih banyak pada sisi motorik.


Bayi akan mulai bisa mengekspresikan sesuatu dengan gerakan. Nah, yuk cari tahu, apakah si kecil sudah melakukan gerakan tersebut, simak di bawah ini!


Mendorong lengan ke depan


Di usia 3 bulan, si kecil sudah mulai bisa mengangkat badan di bagian depan dengan tumpuan lengan dalam keadaan tengkurap. Kemudian mereka mulai bisa mendorong lengannya. Hal ini karena tulang lengan mereka sudah cukup kuat menyangga badan dengan posisi setengah push up.


Mengangkat kepala


Saat sudah bisa mendorong lengan dan menyangga tubuh, si kecil juga otomatis bisa mengangkat kepalanya. Di usia ini tulang lehernya sudah cukup kuat menyangga kepala. Bayi masih hanya bisa memandang ke depan dan memainkan bola mata untuk mengikuti arah sesuatu di depannya.


Memainkan jari tangan


Gerakan lainnya yang bisa ia lakukan adalah memainkan jari tangan. Seperti gerakan menghitung, ia akan sering menggerakan jari-jarinya sambil memandanginya.


Memasukan jemari dalam mulut


Si kecil udah bisa menggerakan jari, ada umumnya ia akan sering memasukannya ke dalam mulut. Hal ini wajar kok, jadi Bunda nggak perlu melarangnya. Bunda hanya perlu memastikan kalau jemarinya bersih.


Menggerakan kaki dan tangan


Selain menggerakan jemari, di usia ini bayi juga sering menggerakan kaki dan tangan mereka. Gerakan ini bisa jadi sebagai ekspresi mereka ketika senang atau bersemangat, lho.


Nah itu dia beragam perkembangan motorik yang akan ditunjukkan bayi saat memasuki usia tiga bulan. Jadi nggak sabar, perkembangan apa lagi yang ada di bulan selanjutnya ya? Hihi. Karena tentu akan menjadi kebahagiaan tersendiri untuk semua Bunda, ketika si kecil setiap harinya melakukan gerakan baru yang menggemaskan, berkembang dengan baik setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *