Inilah 5 Permainan yang Bisa Dimainkan Saat Listrik Padam!

bukuananda.com

Ketika listrik padam sering kali kita bingung harus mengerjakan apa. Kita yang sudah terbiasa dengan listrik, jadi tidak tahu harus mengerjakan apa karena lampu mati, dan semua alat elektronik juga mati. Situasi ini semakin bertambah sulit ketika si kecil juga mulai rewel. Nah, berikut ini ada 5 permainan dan aktifitas yang bisa dilakukan bersama si kecil di rumah ketika listrik padam. Apa saja itu? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini ya!

 

 

    1.  Berkemah

 

 

Dirikan tenda di ruang tamu, ambil bantal, dan kantong tidur. Bila perlu singkirkan meja, sofa dan barang-barang lainnya yang tidak perlu. Nah, Bunda dan si kecil bisa berpura-pura sedang berkemah di tengah alam terbuka sambil bercanda dan mengobrol. Seru kan pastinya? hihi

 

 

    1.  Bermain cahaya glow stick

 

 

Selain berfungsi sebagai penerangan, tongkat cahaya bisa menjadi sarana bermain bagi anak-anak. Hanya dengan menekuk tongkat untuk mengaktifkannya, maka suplai cahaya untuk 12 sampai 36 jam akan terpenuhi. Ukuran serta bentuknya juga bermacam-macam, seperti kalung dan gelang.

 

 

    1.  Bersosialisasi

 

 

Jika listrik padam di siang hari, bisa nih undang tetangga atau teman terutama yang punya anak seusia dengan si kecil. Kita bisa bermain permainan tradisional, ular tangga, monopoli atau kartu misalnya. Bisa juga main tebak kata. Selain menyenangkan, juga bisa memperkaya kosa kata anak-anak.

 

 

    1.  Manjakan anak dengan makanan

 

 

Saat listrik padam, tentu makanan di dalam kulkas juga jadi tidak bertahan lama kan. Nah, sebaiknya segera diolah. Ajak si kecil untuk membantu sebatas yang bisa dia lakukan. Misal es krim bisa dijadikan dessert dengan sereal dan buah-buahan. Pastinya si kecil bakal suka.

 

 

    1.  Bermain bayangan

 

 

Cukup dengan menyinari ruangan dengan lampu senter, Bunda bisa ciptakan bayangan yang menarik. Bisa ciptakan kupu-kupu, serigala, rusa, kelinci dan sebagainya. Bisa lihat tutorial di Youtube. Cari dinding yang bisa jadi kanvas buat pertunjukan bayangan ini.

 

Nah, itu tadi 5 permainan yang bisa dilakukan bersama si kecil saat lampu padam ya. Semoga jadi lebih menyenangkan dan tidak bosan. Selamat mempraktekannya Bunda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *