Inilah 5 Strategi Jitu Menjadikan Anak Cerdas!

Inilah 5 Strategi Jitu Menjadikan Anak Cerdas!

bukuananda.com

Anak cerdas adalah harapan bagi setiap orang tua. Namun, membuat mereka menjadi anak cerdas bukan lah hal yang bisa dianggap enteng. Banyak peran orang tua di dalamnya. Berikut ini 5 hal yang bisa Bunda lakukan untuk menjadikan anak cerdas.

1. Memperkenalkan seni

 

Mengajarkan seni kerajinan tangan dan seni lukis amat lah penting untuk merangsang kemampuan akademis dan mengingatnya, mendorong kepercayaan diri serta keterampilan berpikir secara mandiri. Para ahli juga menyimpulkan anak-anak yang mempelajari alat musik cenderung memiliki nilai yang lebih tinggi dalam matematika, bahasa, daya ingat verbal dan IQ.

 

2. Memenuhi nutrisi seimbang

 

Atur pola makan si kecil supaya tetap memenuhi gizi yang baik. Telur, biji-bijian, kacang, yoghurt, ikan, oat, sayuran dan buah mampu memberi pengaruh baik untuk kemampuan kognitif dan fokus anak. Makan pagi adalah waktu makan yang paling penting dalam masa perkembangan. Anak-anak yang sarapan sehati tiap pagi menunjukkan bisa mengingat dan berkonsentrasi lebih baik.

 

3. Mengasah kecerdasan emosional

 

EQ, tidak kalah penting dengan IQ. Kecerdasan emosional akan membantu perkembangan sosial dan kognitif anak. Misalnya ketika si kecil bertabrakan dengan anak lain ketika sedang bermain, Bunda katakan itu tidak sengaja. Jadi anak akan merespon dengan tepat dan tidak kesal secara berlebihan.

 

4. Mengenali gaya belajar

 

Ada tiga jenis gaya belajar yaitu visual, fisik dan auditorik. Visual artinya anak lebih mudah belajar melalui indera penglihatannya misalnya melihat gambar. Fisik artinya anak perlu mempraktekkan apa yang diajarkan. Sementara auditorik adalah anak belajar melalui indera pendengaran seperti mendengarkan penjelasan guru. Ketika kita mengenali cara belajar anak, kita jadi tahu bagaimana harus mengajari mereka.

 

5. Menghargai proses pembelajaran

 

Setiap orang butuh dihargai begitu pula dengan anak-anak. Anak-anak yang merasa dihargai prestasinya oleh orang tuanya cenderung akan semakin lebih baik lagi karena semangat yang tinggi. Hendaknya kita sebagai orang tua juga lebih berfokus pada proses daripada hasil. Jadi meskipun mereka belum mendapat hasil yang memuaskan, tetap berikan pujian sehingga mereka tidak patah semangat.

 

Nah, itu tadi 5 tips yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat dan membantu ya. Namun, kiranya kita juga menyadari bahwa setiap anak terlahir spesial. Kita tidak perlu memaksakan anak menjadi pribadi tertentu atau mengejar cita-cita tertentu yang kita harapkan. Karena yakin lah dalam diri setiap anak ada potensi yang dahsyat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *