Inilah Bahaya Buah Sirsak untuk Ibu Hamil dan Perkembangan Bayi dalam Kandungan

Buah sirsak tentu termasuk buah yang digemari oleh banyak orang. Tapi siapa sangka kehadirannya juga masih menjadi kontroversi bagi sejumlah kalangan. Beberapa menyatakan bahwa buah sirsak tidak baik bagi perkembangan bayi dalam kandungan.

 

Nah, berikut ini ada 3 dampak buruk mengonsumsi buah sirsak bagi ibu hamil dan perkembangan bayi dalam kandungan. Yuk, langsung simak bersama!

 

 

    1. Menyebabkan penyakit diabetes

 

 

Kandungan fruktosa dan glukosa yang sangat tinggi bisa membahayakan bagi ibu hamil. Kandungan dua zat tersebut bisa menyebabkan penyakit diabetes. Jika sampai terjadi, kemungkinan besar janin dalam kandungannya akan menderita diabetes saat usia lebih tua.

 

 

    1. Mempersulit persalinan normal

 

 

Selain itu, buah sirsak memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi pula. Hal ini bisa menyebabkan tumpukan lemak mengganggu jalan lahir saat persalinan nantinya. Tentu ini menjadi tantangan besar untuk ibu hamil yang ingin menjalani persalinan normal.

 

 

    1. Menyebabkan bayi cacat lahir atau bahkan keguguran

 

 

Ada pula kandungan asam folat yang berbahaya untuk janin jika dikonsumsi secara berlebihan. Asam folat yang tinggi akan menyebabkan tubuh kehilangan banyak kandungan mineral sehingga bayi yang dikandung akan terlahir dengan keadaan cacat atau kurang sempurna. Sedangkan, jika ibu hamil mengonsumsi buah sirsak di usia yang masih muda dapat berpeluang menyebabkan keguguran janin.

 

Namun, meski begitu bukan berarti Bunda sama sekali tidak bisa mengonsumsi buah sirsak. Berikut ini ada 3 tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko buah sirsak untuk ibu hamil.

 

 

    1. Konsumsi lah makanan sehat misalnya sayur dan buah-buahan yang baik untuk janin

 

    1. Kurangi makanan dengan kadar gula yang tinggi

 

    1. Melakukan olah raga secara rutin dan teratur. Misalnya berenang, senam hamil atau jalan kaki.

 

 

Nah, itu tadi ya Bunda bahaya buah sirsak bagi ibu hamil dan perkembangan bayi dalam kandungan. Jadi, bisa dipertimbangkan lagi jika memang benar-benar ingin mengonsumsi buah sirsak ini. Karena juga yang terpenting adalah menjaga gaya hidup tetap sehat dan asupan gizi yang seimbang sangat lah penting. Semoga artikel ini bermanfaat ya Bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *