Inilah Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Masa Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

bukuananda.com

Menjadi orang tua adalah pengalaman luar biasa yang tidak akan terlupakan. Namun, banyak orang tua yang sering bingung dengan tahapan perkembangan bayi. Apakah si kecil sudah tumbuh dengan semestinya, atau ada hal-hal yang janggal? Nah, berikut ini simak 5 hal yang perlu diperhatikan dalam masa perkembangan bayi usia bulan. Simak penjelasannya di bawah ini ya, Bunda.

 

 

    1.  Semakin pintar berguling

 

 

Seiring makin kuat otot leher dan lengannya, si kecil akan mulai pintar berguling-guling. Bunda harus lebih hati-hati ya, jangan meninggalkan si kecil sendirian di atas tempat tidur yang tinggi. Di samping itu dia akan semakin pintar menarik perhatian dengan mengoceh atau menggeliat-geliat.

 

 

    1.  Perubahan warna tinja

 

 

Warna dan bau tinja kemungkinan akan berubah saat si kecil mulai bisa mengonsumsi makanan padat pertamanya. Jangan khawatir, karena itu adalah hal yang normal terjadi. Namun, jika tinjanya tergolong keras, mungkin si kecil mengalami konstipasi. Maka segera ganti MPASI-nya dengan buah-buahan dan sayuran.

 

 

    1.  Membaca buku bersama

 

 

Membacakan buku untuknya dapat meningkatkan kemampuan berbahasa si kecil serta menjadi bekal untuk kelak dia menyukai aktivitas membaca. Pada usia ini anak mungkin belum dapat membalikkan halaman sendiri dan duduk tenang mendengarkan Bunda bercerita, namun saat-saat semacam ini adalah moment yang sangat berharga untuk dihabiskan bersama si kecil.

 

 

    1.  Pakaian yang nyaman

 

 

Beri si kecil pakaian yang melar, longgar dan sirkulasi udara yang baik. Hindari pemakaian dengan bahan yang kasar. Dengan begitu si kecil akan selalu merasa nyaman.

 

 

    1.  Belajar bahasa isyarat

 

 

Di usia ini, si kecil sudah bisa belajar bahasa isyarat. Seperti melambaikan tangan sebagai ucapan selamat tinggal, dan menunjuk sesuatu untuk bilang: lihat ini! Kemampuan motorik berkembang lebih dulu dibanding kemampuan bahasa. Bahasa isyarat dapat memfasilitasi anak untuk menyampaikan apa yang menjadi kebutuhannya serta menghindarkannya dari rasa frustasi.

 

Nah, Bunda sudah paham kan. Itu tadi hal-hal penting yang perlu diperhatikan jika si kecil sudah mulai menginjak usia 6 bulan ya Bunda. Tahap perkembangan bayi memang sangat penting. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *