JENIS MAINAN MENUNJANG KEMAMPUAN ANAK

JENIS MAINAN MENUNJANG KEMAMPUAN ANAK

bukuananda.com

Mainan dan anak menjadi dua hal yang gak bisa dilepaskan. Selain sebagai sarana si kecil bersenang-senang, Bunda tahu gak nih kalau mainan juga memiliki pengaruh pada keterampilan vital anak? Mainan dasarnya bisa menunjang tumbuh kembang si kecil, lho!

 

Keterampilan vital anak bisa distimulasi menggunakan mainan, hal ini juga bisa menjadikan anak tumbuh jadi seorang yang aktif dan kreatif. Nah, apa aja ya jenis mainan yang dapat membantu kreativitas anak? Yuk simak di bawah ini!

 

Permainan alat musik

 

Permainan alat musik jadi pilihan pertama mainan yang dapat menunjang kreativitas anak. Bagi si kecil, mendengarkan suara tertentu bisa memberikan kesenangan tersendiri. Jika ia sudah menginjak dua tahun, Bunda bisa memberikan mainan yang mengeluarkan suara. Agar ia tertarik untuk memainkan, pilih mainan dengan warna mencolok.

 

Permainan bongkar pasang

 

Tahu gak Bunda, kalau permainan bongkar pasang membantu anak lebih kreatif. Ia bisa mengeksplorasi bentuk-bentuk sesuai keinginan dan imajinasinya. Permainan ini akan meningkatkan kemampuan motorik halus dan menciptakan hal sesuai keinginan si kecil, sehingga akan menstimulasi keterampilan kognitifnya.

 

Berikan anak perempuan boneka

 

Jika Bunda memiliki anak perempuan, ada baiknya membelikan ia boneka saat ia masih di bawah 5 tahun. Boneka ini dapat melatih anak berinteraksi, lho!

 

Pasir ajaib warna-warni

 

Pernah dengar pasir ajaib gak, Bund? Pasir yang berwarna-warni ini akan disukai anak-anak, selain itu teksturnya lembut, mudah dibentuk, dan aman. Melalui pasir ajaib ini, anak akan mengenal beragam warna dan mudah dibentuk sesuai kreativitasnya. Coba belikan deh!

 

Mainan berbentuk bulat

 

Nah, Bunda bisa membelikan mainan berbentuk bulat buat si kecil. Alasannya karena mainan ini sangat mudah dimainkan oleh anak-anak dan banyak sekali tersedia pilihannya.

 

Nah itu dia 5 jenis mainan yang ternyata dapat menunjang tumbuh kembang anak dari segi kognitif, lho, Bund. Sudah ada yang Bunda belikan buat si kecil belum?

bukuananda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *