Kenali “Growing Pain” Nyeri Kaki di Malam Hari Saat Masa Pertumbuhan Anak

Pernah dengan soal ‘growing pain’ di masa pertumbuhan anak nggak, Bund? Anak-anak bisa mengalami pegal-pegal pada bagian kaki di malam hari setelah bermain. Rasa sakit ini biasanya akan membuatnya nggak nyaman.

 

Rasa sakit ini melibatkan sistem muskuloskeletal atau otot dan tulang. Biasanya, ini terjadi ketika anak-anak berusia antara 3 dan 5 atau 8 dan 12 tahun. Growing pain berhenti ketika masa pertumbuhan anak berhenti.

 

Growing pain ini bukanlah penyakit, jadi nggak perlu membawa si kecil ke dokter ya. Biasanya anak jelang tidur nggak akan merasakan apa-apa, namun akan terbangun tengah malam karena rasa sakit di kaki. Namun, rasa sakit ini akan hilang saat pagi.

 

Rasa sakit yang dirasakan anak akan ada di sekitar tulang atau persendiran, hanya di otot. Rasa sakitnya ini bakal bervariasi, terkadang hanya beberapa menit, ada pula yang hingga beberapa jam. Ada yang sakitnya ringan hingga yang parah.

 

Jika si kecil mengalaminya, maka Bunda bisa melakukan beberapa hal ini:



    1.  Pijat bagian yang sakit

 

    1.  Regangkan otot di daerah yang sakit

 

    1.  Letakkan bantalan pemanas di tempat kaki yang sakit.



Nah, growing pain ini nggak akan membuat anak susah berlari, bermain, dan melakukan kegiatannya sehari-hari. Jika rasa sakitnya menyebabkan ia susah bergerak, maka Bunda harus membawanya ke dokter.

 

Growing pain menjadi bagian dari pertumbuhan dan perkembangan fisik anak pada tingginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *