Manfaat ASI Eksklusif Bagi Tumbuh Kembang Bayi, Ternyata Banyak!

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Tumbuh Kembang Bayi, Ternyata Banyak!

bukuananda.com

Seperti yang kita tahu, ada banyak manfaat memberikan ASI eksklusif bagi si kecil, nih, Bund. Manfaat ini berlaku untuk si kecil maupun untuk Bunda.

Di dalam ASI, terutama ASI pertama (kolostrum) itu terdapat kandungan gizi dengan komposisi yang tepat. Komposisi ini sempurna untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi, lho!

Hanya dengan diberi ASI, kebutuhan gizi si kecil sudah terpenuhi dan ia akan kenyang. Bisa dikatakan ASI itu sangat mendukung pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Selain itu, ASI juga mengandung antibodi yang sangat diperlukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi saat bayi lahir. Kesimpulannya, pemberian ASI eksklusif dapat menurunkan risiko bayi terkena berbagai macam penyakit.

Menurut sebuah penelitian National Institute of Environmental Health Science, bayi yang menerima ASI memiliki kemungkinan 20% lebih rendah meninggal di antara usia 28 hari hingga satu tahun, lho!

Masih ada manfaat baik ASI lainnya, salah satunya dapat mencegah bayi menderita alergi. Pemberian susu formula, susu sapi, dan susu kedelai pada bayi cenderung membuat bayi mengalami reaksi alergi. Hal ini disebabkan kandungan berbeda dalam masing-masing susu.

Manfaat terakhir, ASI bisa meningkatkan kecerdasan bayi. Pemberian ASI dapat meningkatkan perkembangan kognitif bayi. Selain itu bisa juga melindungi bayi dari obesitas. ASI eksklusif yang diberikan pada bayi bisa menurunkan risiko ia mengalami kegemukan saat remaja atau dewasa.

Wah, ternyata banyak juga ya manfaat memberikan ASI eksklusif bagi si kecil. Yuk berikan yang terbaik buat si kecil sejak dini, Bund!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *