MANFAAT MEMBACAKAN DONGENG

bukuananda.com

Bukuananda.com : Bunda, tahu gak, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendorong perkembangan berbahasa si kecil. Di masa tumbuh kembang anak, terutama di dua tahun pertamanya merupakan periode emas bagi perkembangan otak. Maka, manfaatkan masa ini sebaik mungkin untuk mengembangkan kemampuannya bicara dan berbahasa.

 

Salah satu hal menyenangkan yang bisa Bunda pilih adalah membacakan dongen buat si kecil, nih. Banyak orang tua yang mulai meninggalkan kebiasaan ini, padahal ada banyak banget manfaatnya. Apa aja ya manfaat mendongeng buat perkembangan si kecil? Yuk simak di bawah ini!

 

Mendorong kemampuan membaca sejak dini

 

Manfaat pertama pastinya buat merangsang minat baca pada anak di kala masa tumbuh kembang. Bunda bisa menanamkan hal ini sejak dini dengan mengenalkannya lewat dongeng. Membacakan dongeng sebelum tidur perlahan akan membangkitkan ketertarikannya membaca buku.

 

Mengenalkan kearifan lokal

 

Ada hal seru nih yang bisa Bunda lakukan ketika mendongeng. Bunda bisa mengenalkan pada si kecil budaya Indonesia lewat dongeng dan cerita rakyat khas nusantara. Membacakan dongeng Indonesia bisa juga mengenalkan nilai-nilai moral yang berasal dari kearifan lokal dan mengapresiasi budaya lokal sejak dini. Keren kan?

 

Membangun hubungan lebih dekat dengan si kecil

 

Bunda yang meluangkan waktu untuk membacakan dongeng bagi si kecil bisa jadi momen kedekatan sebagai ibu dan anak, lho! Dengan cara menyenangkan ini, Bunda bisa membangun hubungan yang lebih erat dengan anak. Apalagi jika dongeng tersebut dibumbui dengan canda tawa, suasana dongengnya akan semakin seru.

 

Stimulasi perkembangan otak

 

Membacakan dongeng bisa jadi stimulasi yang tepat buat si kecil mengoptimalkan perkembangan otaknya. Selain itu, membaca dongeng bisa dikemas dengan menyenangkan dan seru buatnya. Plus, membacakan dongeng bisa juga mengoptimalkan kecerdasan anak, lho! Membacakan dongeng bisa membantu mengembangkan kemampuan bahasa, cara berpikir logis, daya ingat, imajinasi kreatif, dan juga pembentukan karakter yang positif.

 

Nah, pada dasarnya membacakan dongeng bagi si kecil bisa jadi stimulasi seru bagi perkembangan otak dan berbahasanya. Bunda juga bisa memilih beragam media, mulai dari kata-kata, video, gambar, foto, atau suara. Seru kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *