MANFAAT MINYAK IKAN BAGI ANAK

bukuananda.com

Bunda, salah satu yang harus lekat di bawah perhatian ketat kita adalah asupan makanan si kecil. Terutama jika ia sudah mulai masuk pada tahap MPASI, wah, Bunda harus benar-benar memerhatikan makanannya. Tahu gak sih, di masa MPASI ini Bunda bisa memberikan ‘minyak ikan’ buat si kecil, lho!

Minyak ikan ini ternyata punya banyak manfaatnya untuk tumbuh kembangnya. Apa aja ya kandungan minyak ikan dan manfaatnya buat si kecil? Yuk, simak pembahasan lebih lanjutnya di bawah!


Optimalkan tumbuh kembang anak


Minyak ikan ternyata mengandung banyak nutrisi yang penting buat optimalkan tumbuh kembang bayi. Minyak ikan ini kaya akan vitamin A, vitamin D, omega-3, asam lemak, dan DHA, lho!


Tak mengandung merkuri


Sudah hal umum diketahui kalau ikan itu juga memiliki banyak nutrisi. Sayangnya, ada resiko kandungan ‘merkuri’ di dalam ikan nih, Bund. Kandungan ini gak baik untuk si kecil. Maka dari itu, memberikan minyak ikan pada masa MPASI bisa jadi pilihan terbaik.


Tenang, kebanyakan suplemen minyak ikan ini udah bebas merkuri karena perusahaan penghasil minyak ikan menggunakan ikan rendah merkuri. Kemudian disaring untuk hilangkan seluruh kontaminasi.


Tingkatkan fungsi otak


Kabar baiknya, minyak ikan ini bisa mencerdaskan anak, lho. Sebuah penelitian dari U.S. National Library of Medicine menyebutkan bahwa kandungan DHA dalam minyak ikan dapat membantu merawat sel-sel otak. Kemudian juga memfasilitasi komunikasi antar neuron. DHA ini dapat meningkatkan konsentrasi bayi hingga ia lebih mudah menyerap ilmu baru.


Membuat lebih bahagia


Fakta lainnya, mengonsusi suplemen minyak ikan bisa membuat si kecil jadi lebih bahagia dan tersenyum sepanjang hari. Bisa banget mengurangi tantrum pada si kecil, nih.


Baik bagi kesehatan mata


Kandungan DHA tadi juga sangat efektif untuk meningkatkan penglihatan bayi. Kandungan vit Z nya juga baik bagi kesehatan mata si kecil.


Memperkuat tulang


Ada pula kandungan vit D yang bisa memperkuat tulang bayi. Kandungan asam omega-3 pada minyak ikan juga penting untuk menjaga kepadatan tulang si kecil.


Mengobati eksim


Eksim merupakan masalah kulit yang sering dialami bayi. Minyak ikan bisa mencegah masalah kulit satu ini, nih. Eksim ringan bisa menyebabkan kulit si kecil jadi kering. Hal ini bisa diatasi dengan lemak omega-3 dalam minyak ikan yang bisa meredakan gejala eksim ini.


Namun, sebelum benar-benar memberikan minyak ikan pada si kecil, terlebih dahulu Bunda konsulasikan pada dokter ya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *