Memilih Mpasi Mendukung Tumbuh Kembang Bayi

Memilih Mpasi Mendukung Tumbuh Kembang Bayi

bukuananda.com

Bunda, pasti tahu dong, si kecil butuh makanan pendamping ASI atau disebut juga MPASI? MPASI ini ternyata penting banget buat tumbuh kembang bayi. Biasanya, banyak orang tua yang masih bingung tentang detail MPASI ini. Nah, buat Bunda yang masih bingung, yuk simak beberapa faktanya di bawah ini!

 

Kapan MPASI diberikan?

 

Pertanyaan pertama, kapan sih waktu yang tepat buat memberikan MPASI? MPASI tentunya penting buat tumbuh kembang bayi sehat. Nah, pemberiannya harus sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan dan bertahap. MPASI bisa diberikan mulai dari usia 6 bulan hingga 2 tahun. Jangan terlalu cepat atau lambat memberikannya, ya. Hal ini bisa menimbulkan masalah kesehatan pada bayi.

 

Gimana cara memberikan MPASI?

 

Bunda bingung cara memberikan MPASI yang baik itu gimana? Semuanya disesuaikan dengan usia bayi, ya. Jika usia si kecil 6 – 8 bulan, MPASI bisa diberikan 2-3 kali sehari, diselingin makanan 1-2 kali. Bunda juga harus menggunakan bahan-bahan lembut yang mudah dicerna.

 

Bahan apa aja yang digunakan?

 

Bahan-bahan apa aja sih yang sebenarnya dibutuhkan membuat MPASI? Sebisa mungkin, jangan berikan si kecil MPASI yang terbuat dari satu bahan aja, Bund. Memberikan satu menu tunggal ternyata nggak disarankan oleh World Health Organization (WHO), lho. Mengapa? Hal ini karena Bunda bisa membuat MPASI dari berbagai bahan berbeda untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Jangan lupa untuk menghaluskannya terlebih dahulu.

 

Apa aja menu MPASI yang cocok?

 

Bahan apa yang sekiranya cocok buat bayi harus disesuaikan dengan percernaannya. Pencernaan ini sesuai dengan usianya, ya. Jika pencernaan bayi sudah lebih kuat, Bunda bisa memberikannya MPASI seperti bubur saring nasi tim, biskuit, atau finger foods. Kalau masih bingung juga, Bunda bisa kok menggunakan bubur bayi pabrikan. Tapi pastikan terlebih dahulu komposisinya, ya!

 

Nah, buat Bunda yang masih bingung soal informasi mengenai MPASI, bisa terapkan tips-tips di atas, nih.

bukuananda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *