Memililih Mainan Edukatif Untuk Anak

bukuananda.com

Bunda, sebagai orang tua, kita pasti sering deh membelikan si kecil mainan. Ada baiknya juga, Bunda memilihkan mainan edukatif buatnya. Namun, beberapa orang tua memiliki kekhawatiran saat membelikan mainan bagi anak mereka. Seperti apa mainan yang cocok dan tepat buat anak, ya?

 

Tipsnya, pilih mainan yang berguna memberikan dampak baik bagi tumbuh kembang si kecil. Tidak hanya mengasah kemampuan baru, tapi juga bisa membuat si kecil mempelajari cara menjalin komunikasi dengan orang lain.

 

Lalu bagaimana ya tipsnya membelikan mainan buat anak? Simak di bawah ini, Bund!

 

Sesuaikan dengan umur

 

Belikan mainan sesuai dengan umur anak, hal ini karena kemampuan si kecil bakal sulit berkembang jika Bunda memberikan alat permainan yang tidak sepadan dengan usianya. Misalnya mainan untuk anak 3 tahun nggak akan sama dengan anak-anak dengan kemampuan motorik lebih kuat. Pastikan mainan ini cocok baginya

 

Harga bukan acuan

 

Jangan mengukur mainan si kecil dari harga namun dari fungsi. Nggak semua mainan berharga mahal mengandung nilai edukasi yang tinggi. Ingat tujuan kita membeli mainan, jika bisa dijadikan inventasi masa depan si kecil, kenapa nggak?

 

Perhatikan Bentuk dan Keamanan

 

Salah satu hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah bentuk dan keamanan. Jangan pilih mainan dengan ujung tajam dan kasar. Jangan pilih yang mengandung racun dan nggak mudah hancur. Senantiasa perhatikan kandungan dan peringatan dalam kemasan.

 

Libatkan keinginan anak

 

Libatkan si kecil saat hendak membelikannya mainan, ketahui preferensi si kecil terhadap mainan anak yang ia inginkan. Dengan menanyakan pendapatnya, Bunda jadi mengetahui minat si kecil dan menyesuaikan keinginannya juga. Si kecil pun merasa bahwa keinginan dan pendapatnya dihargai.

 

Nah itu dia 4 tips bagi Bunda yang sedang ingin membelikan si kecil mainan. Yuk lebih diperhatikan lagi dengan seksama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *