Menggendong Anak Punya 5 Manfaat Baik

Bunda, tahu nggak kalau menggendong anak itu punya banyak manfaat? Manfaat ini selain baik untuk  perkembangan anak, baik juga buat Bunda, lho. Lalu apa aja ya manfaatnya? Yuk kita simak di bawah ini!


Mempererat hubungan


Sering menggendong si kecil bisa membuat Bunda semakin intim dengan si kecil. Saat menggendongnya, Bunda bisa lebih sering berkomunikasi, mencium, memeluk, dan memberikan ASI. Menggendong bisa jadi kegiatan yang membuat bonding makin erat antara ibu dan anak.


Membuat bayi lebih tenang


Anak yang sedang digendong akan merasa lebih tenang, hal ini karena ia berada dalam dekapan Bunda yang hangat. Khusus bayi yang baru lahir akan merasakan kehangatan yang sama seperti saat masih dalam perut.


Memaksimalkan perkembangan anak


Ternyata, anak yang lebih sering digendong akan terstimulasi perkembangannya dengan lebih maksimal. Misalnya lebih cepat berbicara karena belajar saat Bunda berkomunikasi dengannya dan orang sekitar.


Berdasarkan penelitian dari Jurnal Current Biology, bayi akan lebih dekat dan lebih mudah bersosialisasi dengannya. Ia akan melihat lingkungan sebagaimana Bunda melihatnya. Hal inilah yang bisa membuatnya berkembang lebih maksimal.


Meningkatkan perkembangan otak


Wah, si kecil yang sering digendong perkembangan otaknya akan lebih baik. Saat digendong, saraf-saraf pada bayi akan terhubung satu sama lain karena perasaan bahagia, senang, nyaman, dan aman, lho. Hal tersebut saling terhubung dalam otak si kecil dan meningkatkan perkembangan otaknya.


Proses skin to skin


Interaksi skin to skin dengan si kecil akan sering terjadi saat Bunda menggendongnya. Saat melakukan hal ini, Bunda akan mengeluarkan hormon oksitosin, hingga membantu pemulihan pasca melahirkan, lho.


Sedangkan bagi si kecil, ia akan lebih cepat sembuh dari demam dan penyakit lainnya, lebih merasa hangat, dan sehat.


Ternyata manfaat menggendong anak itu banyak ya, termasuk mensimulasi tumbuh kembangnya sejak dini. Jadi jangan ragu untuk sering menggendongnya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *