Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak

bukuananda.com

Pendidikan anak tentunya tidak lepas dari peran orang tua. Meski banyak juga yang masih berpikir dan menyerahkan pendidikan anak hanya pada instansi sekolah saja. Padahal kenyataannya, tentu tidak lah demikian. Orang tua tetap memiliki peran penting dalam mendidik anak-anaknya.

 

Berikut ini 5 peran penting yang bisa dilakukan orang tua terkait pendidikan anak. Yuk kita simak bersama.

 

 

    1. Pilih sekolah sesuai dengan minat anak

 

 

Hal ini untuk memudahkan Bunda dalam mengembangkan minat bakat mereka. Jika anak suka menggambar, masukkan anak pada sekolah yang memiliki ekstrakurikuler menggambar. Jika anak senang bahasa asing, maka masukkan sekolah yang mengenalkan beberapa bahasa asing.

 

 

    1. Dampingi anak belajar di rumah

 

 

Tidak semua anak bisa langsung memahami pelajaran yang diberikan di sekolah. Di sini, peran orang tua sangat penting. Dampingi si kecil belajar sehingga bisa memahami materi yang belum dikuasainya.

 

 

    1. Ciptakan suasana nyaman dalam belajar

 

 

Sebisa mungkin ciptakan suasana yang mendukung anak untuk bisa konsentrasi dalam belajar. Misalnya cahaya yang cukup, apakah anak membutuhkan musik klasik atau kecilkan volume televisi. Kenali bagaimana anak kita bisa lebih konsentrasi dalam belajar. Tentunya setiap anak memiliki cara yang berbeda dalam belajar ya Bunda.

 

 

    1. Perhatian dan kasih sayang

 

 

Ini menjadi hal yang penting. Misal anak mengalami masalah dengan teman-temannya, orang tua akan membantu mengatasinya. Begitu pula saat anak mengalami kesulitan belajar, orang tua dapat mencarikan solusinya. Buat si kecil tahu bahwa kita selalu ada untuk dia, bahwa apapun yang terjadi kita akan selalu mendukungnya.

 

 

    1. Menanamkan budi pekerti

 

 

Budi pekerti sebaiknya diajarkan sejak dini. Ajarkan anak berkata sopan, menyapa orang lain, menghargai orang lain, tidak berkata jorok dan sebagainya. Sehingga anak akan tumbuh tidak hanya menjadi pribadi yang cerdas secara akademik tapi juga baik dalam bersikap.

 

Nah, itu tadi ya Bunda 5 peran penting yang bisa dilakukan orang tua terkait dengan masalah pendidikan anak. Ternyata sangat penting kan Bunda? Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *