PERMAINAN ANAK PEREMPUAN EDUKATIF

bukuananda.com

Bunda, memiliki anak perempuan memang menyenangkan. Kita jadi punya hobi baru buat senantiasa membelikan dan memakaikan baju yang imut-imut buatnya. Atau Bunda juga jadi hobi membelikannya mainan khas anak perempuan sepeti peralatan masak-masakan atau boneka.

 

Selain membutuhkan mainan lucu, anak perempuan juga membutuhkan permainan edukatif. Permainan edukatif ini sangat baik bagi tumbuh kembang anak, lho! Ternyata ada lho, permainan edukatif khusus anak perempuan, permainan ini akan berhubungan dengan dunia perempuan kelak saat ia dewasa nanti. Mau tahu apa aja, yuk simak di bawah ini Bund!

 

 

    1. Finger Painting

 

 

Permainan pertama ada finger painting. Cara memainkannya mirip seperti mewarnai, namun permainan ini menggunakan telapak tangan sebagai kuas dengan pewarna yang aman untuk dimakan si kecil.

 

Bunda bisa membuat pewarna dari tepung yang dicampur pewarna makanan alami. Siapkan pula kertas yang lebar agar anak puas bermain di atasnya. Fungsi dari permainan ini adalah melatih perkembangan motorik, terutama motorik halus.

 

 

    1. Membentuk lilin

 

 

Permainan membentuk lilin atau plastisin ini menyenangkan banget buat anak perempuan. Si kecil dapat membentuk plastisin tersebut sesuai dengan imajinasinya. Tentunya hal ini akan mengasah kemampuan motorik halus dan kreativitasnya. Bunda bisa memilih plastisin yang aman bagi anak-anak sambil tetap mengawasinya saat bermain.

 

 

    1. Mencetak pasir

 

 

Bunda pernah dengar soal pasir kinetik atau pasir ajaib belum, nih? Anak perempuan Bunda juga bisa diajak bermainan mencetak pasir ini untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasinya. Ia bisa belajar mencetak dan membentuk bangunan dengan pasir tersebut. Namun jangan lupa untuk selalu mengawasinya saat bermain pasir ini, agar tidak tertelan atau terhirup.

 

 

    1. Permainan untuk anak perempuan – main boneka

 

 

Boneka pastinya selalu identik dengan permainan anak perempuan. Bunda justru bisa mendorongnya untuk melakukan permainan ini. Ada satu hal yang bisa Bunda ajarkan, yakni ajari ia cara bercerita pada boneka. Lakukan hal ini setiap menjelang tidur, hal ini bisa melatih kemampuannya membaca dan bercerita, lho!

 

 

    1. Rumah-rumahan

 

 

Sebagai orang tua kita pasti menyadari dong, jika memiliki anak perempuan, suatu hari kita harus merelakannya tinggal terpisah untuk menjalani kehiduan rumah tangganya. Bunda bisa nih melatih dirinya sebagai ‘ibu rumah tangga’ kecil dengan mengajaknya bermain rumah-rumahan.

 

Ia akan berimajinasi kemudian meniru kegiatan Bunda layaknya ibu rumah tangga yang harus merawat ‘rumah’. Permainan ini juga biasanya ia lakukan bersama teman-temannya, hingga bisa melatih dirinya berkomunikasi dengan teman sebayanya.

 

 

    1. Masak-masakan

 

 

Selain bermain rumah-rumahan, Bunda juga bisa nih mengajarinya bermain masak-masakan. Permainan ini ternyata punya banyak manfaat. Permainan ini bisa mengembangkan motorik halus dan kreativitasnya.

 

Setelah masak-masakan, Bunda bisa lho, mengajaknya memasak menu-menu sederhana bersama. Misalnya membuat sandwich atau masakan sederhana lainnya. Hal ini bisa meningkatkan kualitas hubungan Bunda dengannya. Jiwa keibuannya pun bakal tumbuh seiring waktu.

 

Itu dia 6 permainan untuk anak perempuan yang memiliki manfaat penting yang bisa ia rasakan saat ini maupun saat ia dewasa kelak. Semoga bermanfaat Ayah Bunda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *