PERMAINAN EDUKATIF DI RUMAH

bukuananda.com

Di zaman digital seperti sekarang, permainan anak pun berubah jadi lebih canggih. Pasti Bunda gak heran kalau si kecil sekarang lebih akrab dengan game-game dalam gadget ketimbang permainan anak-anak tradisional.

Sayangnya, permainan jenis ini gak selalu baik lho, Bund, buat perkembangan mereka. Makanya, Bunda bisa mulai mengenalkannya dengan permainan seru buat anak di luar gadget. Bunda bisa lho, menciptakan jenis permainan edukatif sendiri di rumah, bermodal benda-benda yang gak mahal. Selain merangsang perkembangan motoriknya, permainan ini juga bisa mengasah kreativitas dan emosionalnya.

Bunda bisa nih menciptakan sendiri permainan edukatif di rumah bermodal dengan benda-benda murah meriah yang tersedia di rumah. Berikut ini lima ide permainan edukatif untuk anak yang bisa dibuat sendiri:

1. Tebak Suara

Alat yang dibutuhkan:

Kertas berisi daftar gambar sumber suara yang akan dicari si kecil. Bunda bisa banget membuatnya berdasarkan tema tertentu, misal kendaraan atau hewan.

Cara bermain:

– Bunda bisa ajak si kecil jalan-jalan di sekitar rumah sambil memintanya mendengarkan dengan seksama suara yang ia dengar sesuai dengan tema.

– Jika si kecil mendengar suara misal suara kendaraan roda dua, minta ia mencentangkan pada gambar yang sesuai dengan sumber suara tersebut pada kertas.

– Bunda bisa mengulangi proses ini hingga semua gambar dicentang, ya.

2. Es Pelangi

Alat yang dibutuhkan:

Cetakan es batu, air, beberapa pewarna makanan cair.

Cara bermain:

– Ajak si kecil menuangkan air di cetakan es hingga penuh terisi semuanya.

– Setelah semua kotak terisi air, minta ia meneteskan aneka pewarna makanan di setiap kotak.

– Aduk setiap kotak hingga warna merata. Kemudian simpan cetakannya dalam freezer selama 1 -2 jam, ya.

– Setelah beku, keluarkan es dari cetakan. Biarkan si kecil bermain dengan es warna-warni kasil karyanya tersebut.

3. Gelembung Ular

Alat yang dibutuhkan:

Botol plastik kecil bekas, handuk kecil atau kaus kaki, 1 karet gelang, beberapa pewarna makanan, sabun cuci piring cair, air, gunting, wadah kecil.

Cara bermain:

– Pertama, gunting bagian bawah botol hingga bolong.

– Tutupi alas botol yang bolong dengan handuk atau kaus kaki. Lilitkan bagian atas dengan karet gelang agar gak copot.

– Setelahnya, teteskan pewarna makanan beraneka warna dengan pola melingkar pada handuk yang telah jadi alas botol.

– Kemudian tuangkan sedikit air dan sabun cucui piring pada wadah, aduk.

– Celupkan bagian alas botol yang sudah ditutupi handuk ke dalam wadah, kemudian angkat. Lepaskan tutup botol, lalu tiup dengan kencang. Keluar deh gelembung ularnya, Bund.

4. Goresan Rahasia

Permainan ini gak membutuhkan alat khusus.

Cara bermain:

– Permainan ini bakal memperkuat interaksi Bunda dengan si kecil, nih. Caranya, minta si kecil memunggungi Bunda, lalu buat goresan di punggungnya menggunakan jari atau alat tertentu seperti spidol. Goreskan angka atau huruf dan minta ia menebaknya.

– Selain di punggung, Bunda juga bisa menggunakan lengan, telapak tangan, telapak kaki, sembari memintanya menutup mata.

5. Bermain Pura-pura

Sama seperti permainan sebelumnya, permainan satu ini juga gak membutuhkan alat khusus dan bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Bunda tinggal mengajak si kecil untuk berpura-pura jadi penyanyi, dokter, guru, dan lainnya. Bunda juga bisa mengkondisikan sekitar demi mendukung profesi yang sedang ia tiru.

Nah itu dia ide 4 permainan edukatif yang bisa Bunda siapkan di rumah buat si kecil. Seru buat dicoba kan?

#zamandigital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *