Permainan Mengasah Kemampuan Otak Anak

 

bukuananda.com
Young woman helping her daughter with puzzle

Kemajuan teknologi sekarang ini membuat anak-anak memiliki banyak akses untuk bisa bermain. Selain permainan di tempat bermain atau halaman, anak-anak kini juga bisa melakukan permainan yang bisa mengasah otak. Jika Bunda sering khawatir dengan permainan yang mereka lakukan mungkin membahayakan, permainan asah otak bisa menjadi solusi. Berikut ini 5 permainan yang bisa mengasah otak anak.

 

1. Lego

 

Mainan yang sudah hits sejak dulu ini terbukti bisa mengasah kecerdasan anak. Si kecil bisa belajar tentang konsep arsitektur, desain dan bangunan. Mereka akan menyusun balok sesuai imajinasi mereka atau menurut petunjuk.

 

2. Flash card

 

Permainan ini akan mengenalkan si kecil tentang banyak hal. Misalnya angka, gambar, huruf, bentuk, warna, hewan dan lainnya. Sangat sederhana tapi dapat merangsang daya ingat anak.

 

3. Puzzle

 

Selain lego, puzzle juga salah satu permainan yang cukup terkenal dan tak lekang oleh waktu. Anak-anak akan menggabungkan potongan puzzle tersebut hingga jadi suatu gambar. Dengan begitu mereka belajar memecahkan sebuah masalah. Puzzle bisa dibeli berdasarkan tingkat kerumitannya. Pilih yang sesuai dengan usia anak Bunda ya.

 

4. Bermain peran

 

Permainan ini tidak melulu soal drama atau film. Tapi si kecil akan belajar berpikir fleksibel selain tentu saja melatih daya ingatnya. Mereka bisa bermain polisi dan penjahat atau pasien dan dokter. Semakin banyak teman-temannya yang ikut bermain maka akan semakin ramai dan menyenangkan juga. Semakin kompleks orang-orang yang berperan, si kecil dapat berlatih cara bersosialisasi sedini mungkin dalam masyarakat.

 

5. Bermain detektif

 

Misalnya berburu harta karun. Bunda bisa menyembunyikan sesuatu di dalam rumah, lalu coba beri petunjuk atau peta sederhana. Dari situ si kecil akan belajar mencari solusi untuk menemukan benda tersebut. Selain seru, bermain detektif akan membuat bonding ibu dan anak semakin kuat.

 

Nah, itu tadi 5 permainan yang bisa mengasah kemampuan otak si kecil. Menarik bukan. Selain aman, murah meriah juga membuat anak lebih cerdas. Nah, permainan mana nih yang bakal Bunda lakukan di rumah? Selamat mencoba ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *