PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN GIGI BAYI

bukuananda.com

Tumbuhnya si gigi kecil dari bulan ke bulan jadi momen yang menyenangkan untuk selalu kita lihat saat tumbuh kembang anak. Bunda tahu gak kalau bayi akan mengalami proses tumbuh gigi pertamanya di usia 6 – 12 bulan. Berdasarkan panduan American Academy of Pediatric Dentistry, gigi sulungnya dimulai dari usia 6 bulan dan akan lengkap pada usia 3 tahun.

Sebagai pengetahuan, proses tumbuh gigi ini biasanya bakal diawali dengan gusi kemerahan. Terkadang akan ada bengkak karena terdapatnya bulging atau penebalan gusi karena tumbuh gigi. Sementara hal ini terjadi jangan gemas kalau si kecil tiba-tiba rewel, ia akan merasakan rasa tidak nyaman pada gusinya. Hal ini juga menyebabkan ia jadi sulit makan.

Satu hal yang harus Bunda pahami, jika si kecil gak memliki tanda-tanda tumbuh gigi pada usia 7 bulan, jangan khawatir. Hal ini terbilang wajar karena proses tumbuh gigi pertama ini berjarak antara 6 – 12 bulan.

Nah, jika belum ada tanda-tanda tumbuh gigi lewat dari usia 6 bulan, Bunda bisa membantu untuk merangsang pertumbuhannya. Ikuti cara-cara di bawah ini, Bund! Berikut ini stimulasi alami yang bisa Bunda lakukan bagi pertumbuhan gigi si kecil.

    1. Berikan snack bertekstur padat

Bunda bisa mulai memberikannya makanan bertekstur seperti snack bagi si kecil saat ia telah memasuki masa MPASI. Snak ini bisa berfungsi untuk merangsang pertumbuhan giginya. Namun gak sembarang jenis snack yang bisa ia makan. Bunda bisa memberikannya finger food seperti sayur dan buah bertekstur halus namun tetap padat, di antaranya: wortel, brokoli, mentimun, pepaya, pisang, dan melon. Ingat harus sehat juga ya, Bund!

    1. Menggosok gusi bayi dengan kain kasa

Cara kedua, Bunda dapat merangsang pertumbuhan giginya dengan rutin menggosok gigi si kecil satu kali sehari. Caranya lilitkan kain kasa pada jari, kemudian bersihkan area gusi si kecil dengan kasa ini sebelum tidur. Sembari membersihkan area tadi, Bunda bisa memijat lembut untu melancarkan peredaran darah di gusi serta merangsang pertumbuhan giginya.

    1. Berikan Teether

Cara terakhir adalah dengan cara memberikannya mainan teether. Mainan ini biasanya terbuat dari karet yang mudah digenggam serta digigiti. Namun, Bunda juga harus mengawasi penggunaan teether ini, terutama soal kebersihannya, lho!

Saat membelinya, Bunda harus memastikan bahwa teether ini dibuat dari bahan bebas BPA alias bisphenol-A. BPA ini merupakan bahan kimia plastik yang dapat memicu estrogen dan berbahaya bagi hormon tubuh. Pastikan teether yang Bunda beli tercantum tulisan BPA free-nya ya!

Nah, itu dia 3 stimulasi alami untuk membantu merangsang pertumbuhan gigi si kecil, dilansir dari Popmama. Proses di atas dipercaya dapat merangsang gusi dan otot pengunyahan bayi, hasilnya proses tumbuh giginya pun bakal lebih optimal.

#stimulasi #gigibayi #pertumbuhangigi #buku #tokobuku #bukuananda #tokobukuananda

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *