PERTUMBUHAN GIGI BAYI s/d USIANYA 1 TAHUN

bukuananda.com

Bukuananda.com : Satu hal yang menyenangkan soal jadi orang tua adalah mengikuti tumbuh kembang anak, sejak hari pertama kelahirannya. Setuju gak nih, Bunda? Banyak hal yang bisa bikin kita takjub, terutama perkembangan tubuh si kecil dan aspek motorik kasar dan halus mereka.

Bunda, salah satu perkembangan yang harus Bunda ikuti dengan seksama adalah pertumbuhan gigi, nih. Sama seperti hal lainnya, pertumbuhan gigi ini juga memiliki proses yang bertahap dari mulai bertumbuh hingga tumbuh dengan sempurna. Nah, kaya gimana ya proses pertumbuhannya? Yuk, kita simak di bawah ini!

Pertumbuhan gigi di usia 6 bulan

Pertumbuhan gigi yang pertama adalah gigi susu yang dimulai pada usia 6 bulan. Biasanya, gigi yang pertama terlihat adalah gigi depan tengah bagian bawah yang disebut sebagai gigi sentral. Dua gigi ini bisa tumbuh bersamaan, atau salah satunya lebih lambat.

bukuananda.com

Lihat Juga :Perkembangan Bayi Belajar Merangkak

Nah, satu hal yang harus Bunda tahu, jika di usia 6 bulan si kecil belum menunjukkan tanda-tanda tumbuh gigi gak usah khawatir. Gigi depan bagian bawah biasanya bakal tumbuh antara usia 6 – 10 bulan.

Pertumbuhan gigi di usia 8 bulan

Setelah gigi seri bawah muncul, menyusul pertumbukan gigi seri tengah atas, nih. Sama seperti pertumbuhan gigi sebelumnya, Bunda juga gak usah panik jika si kecil ternyata belum tumbuh gigi seri bagian atas ini saat usia 8 bulan. Satu hal yang perlu diketahui, rentang tumbu gigi ini adalah 8 – 12 bulan.

Pertumbuhan gigi di usia 9 bulan

Pernah dengan soal gigi seri lateral belum, Bund? Gigi ini terletak tepat di sebelah gigi seri tengah. Urutan pertumbuhannya, gigi bagian ini biasanya tumbuh setelah gigi tengah tumbuh lebih dulu. Gigi seri lateral ini akan tumbuh pada usia 9 hingga 13 bulan, lho! 

Pertumbuhan gigi di usia 10 bulan

Gigi seri lateral ternyata tumbuh pada bagian atas terlebih dahulu, berkebalikan dengan gigi seri tengah. Setelah bagian atas, bagian bawah akan menyusul tumbuh pada rentang usia 10 – 16 bulan. Jika hingga usia 16 bulan gigi si kecil belum tumbuh juga, bisa segera konsultasikan pada dokter ya, Bunda.

Pertumbuhan gigi di usia 12 bulan

Jika mengacu pada proses pertumbuhan gigi si kecil seperti di atas, maka di usia 12 bulan, ia sudah memiliki total 4 gigi pertama yang tumbuh. Nah, namun ada batas toleransi pertumbuan gigi seperti yang sudah dijelaskan di atas ya. Jadi, Bunda gak usah panik jika ternyata pertumbuhan gigi si kecil gak mengikuti skema pertumbuhan gigi barusan.

bukuananda.com

Lihat Juga : Manfaat Musik Untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Jika si kecil ternyata masih belum memiliki 4 buah gigi pertamanya hingga usia 16 bulan, Bunda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter ahli. Bunda juga bisa membantu proses pertumbuhan gigi si kecil dengan merangsangnya, lho.

#pertumbuhangigibayisampaidenganusianya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *