Tahap Tumbuh Kembang Anak Usia 5 Tahun yang Perlu Diketahui Orang Tua

Tahap Tumbuh Kembang Anak Usia 5 Tahun yang Perlu Diketahui Orang Tua

bukuananda.com

Merawat dan membesarkan anak menjadi tugas amanah yang tidak bisa dianggap enteng oleh para orang tua. Dari hari ke hari, ada saja hal-hal yang masih membuat takjub para orang tua ketika anak-anak tumbuh dan berkembang. Memperhatikan tumbuh kembang anak menjadi hal yang luar biasa bagi para orang tua. Ketika si kecil sudah memasuki usia 5 tahun, orang tua biasanya sudah mulai memasukkannya ke PAUD atau TK. Nah, yuk simak dulu tahap tumbuh kembang anak usia 5 tahun seperti apa sih?

 

 

    1.  Tinggi dan berat badan

 

 

Untuk tinggi badan ideal anak usia 5 tahun adalah 99,9-118,9 cm bagi perempuan dan 100,7-119,2 cm bagi laki-laki. Sementara berat badan ideal yaitu 13,7-24,9 kg bagi perempuan dan 14,1-24,2 kg bagi laki-laki. Itu lah data dari Kementerian Kesehatan RI.

 

 

    1.  Perubahan fisik

 

 

Usia 5 tahun si kecil sudah memiliki fisik yang baik, mulai dari koordinasi otot-otot tubuh, keseimbangan dan kekuatan otot. Mereka bisa berlari cepat, berdiri dengan satu kaki dan sebagainya. Di usia ini pula biasanya mereka sudah tidak memiliki gigi susu dan tergantikan dengan gigi tetap.

 

 

    1.  Kemampuan berkomunikasi

 

 

Mereka sudah bisa bercakap-cakap dengan orang dewasa atau teman sebayanya. Mereka mulai bisa menyampaikan pendapat, menceritakan kegiatan yang dilakukan maupun mendeskripsikan sesuatu. Bunda bisa menanyakan bagaimana pendapatnya atau perasaannya pada suatu hal.

 

 

    1.  Kemampuan sosial

 

 

Mereka sudah bisa bersosialisasi. Mereka senang bermain bersama teman-temannya meski kadang bertengkar lalu menangis. Itu adalah hal yang wajar. Bunda perlu mengingatkan si kecil bahwa bertengkar itu tidak baik, melerai mereka dan mengatakan untuk tidak malu meminta maaf jika salah ataupun memaafkan temannya yang bersalah. Namun, jika anak Bunda termasuk yang pemalu atau diam saat ada orang, Bunda bisa melatihnya pelan-pelan untuk mau membuka diri pada orang lain.

 

Itu tadi yang perlu diperhatikan dalam tahap tumbuh kembang anak usia 5 tahun. Tentunya masing-masing anak akan memiliki pengalaman yang berbeda. Cobalah untuk menjadi teman bagi mereka, sehingga mereka bisa bercerita apa saja pada Bunda. Semoga informasi ini berguna ya Bund dan bisa menjadi panduan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *