TERAPKAN POLA ASUH SEHAT INI, BUNDA

bukuananda.com

Bunda tahu nggak kalau pola asuh itu merupakan investasi jangka panjang bagi tumbuh kembang anak, terutama di masa depan. Pola asuh yang baik bisa mengajarkannya untuk memiliki rasa empati, kebaikan, keceriaan, kerjasama, kejujuran, kemandirian, dan sikap pengendalian diri yang baik.


Ada dua jenis pola asuh sehat yang bisa Bunda terapkan, lho. Apa aja? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!



  1. Pola Asuh dengan Insting


Pola asuh jenis ini sering diterapkan oleh kebanyakan orang tua. Biasanya, cara ini dilakukan karena orangtua yang mengasuh anak mengikuti insting dan pengalaman masa kecil. Hal ini boleh saja asal cocok buat diterapak dengan si kecil, ya.



  1. Pola Asuh Autoritatif


Pola asuh ini bisa juga disebut pola asuh demokratis. Ditandai dengan pemberian kebebasan kepada anak untuk menentukan pilihan hidupnya. Bunda cuma perlu memaparkan apa dampak positif dan negatif dari suatu hal, lalu membebaskan anak untuk menentukan pilihannya sendiri.


Bunda juga dianjurkan untuk mendengarkan pendapat dan memahami perasaan anak. Jika ia mendapatkan prestasi puji ia dan jika melakukan kesalahan maka jangan ragu menghukumnya. Pola asuh ini dianggap terbaik karena bisa melatih anak untuk mandiri, mengambil keputusan, dan bertanggung jawab atas keputusannya sendiri.


Pola asuh ini juga harus diimbangi dengan kesehatan si kecil yang harus senantiasa diperhatikan ya, Bund.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *