TUMBUH KEMBANG Si Kecil

bukuananda.com

Sebagai orang tua, menyambut kelahiran si kecil pasti sangat penuh suka cita. Iya gak nih, Bunda? Kita pasti gak sabar menantikan tumbuh kembang anak dari mulai 0 bulan hingga bulan-bulan seterusnya. Nah, demi memperhatikan perkembangan baik si kecil, kita harus tahu seperti apa sih tumbuh kembangnya saat mulai memasuki usia 1 bulan? Yuk simak di bawah ini!

    1. Indra pendengaran dan penciuman

Ketika pendengaran si kecil makin sempurna, ia akan menggerakan kepala dan matanya akan menoleh pada sumber suara. Terutama saat Bunda mencoba memanggilnya atau membunyikan suara di dekatnya.

    1. Koordinasi tangan, kaki, dan mata

Salah satu hal yang mulai berkembang dari bayi usia 1 bulan adalah koordinasi gerak refleks kaki dan tangannya yang baik. Jari jemari mungilnya akan secara refleks menggenggam benda yang diberikan padanya. Penglihatannya pun semakin peka dengan sinar, hingga hal ini akan menarik bola matanya mengikuti sumber cahaya.

Refleks lainnya adalah tangan yang mulai diangkat mendekati kepala yang biasanya bisa sampai ke mulut. Ia pun akan sering mengemut tangannya. Bunda bisa membelikan mainan gantung warna-warni di atas tubuh bayi agar melatih sensorik dan motoriknya.

    1. Keinginan menyusu makin sering

Jangan kaget kalau frekuensi menyusu bayi akan semakin bertambah dari waktu ke waktu. Ditambah waktu menyusu yang dibutuhkan semakin panjang. Hal ini dikarenakan lambungnya yang semakin besar dan aktivitasnya yang semakin banyak. 

    1. Perkembangan berat dan panjang

Berat badan bayi berusia 1 bulan biasanya berkisar antara 3,4 kg – 5, 7 kg untuk laki-laki sedangkan untuk bayi perempuan berkisar 3,2 kg – 5,4 kg.

Bayi baru lahir memiliki ubun-ubun lunak yang disebut fontanel dan bakal mengeras seiring usia yang bertambah. Jika Bunda melihat fontanel si kecil yang terlalu cekung atau masuk ke dalam, hal ini pertanda bahwa ia dehidrasi. Namun jika kebalikannya, kemungkinan besar bayi sedang mengalami masalah kesehatan seperti meningitis.

    1. Waktu tidur

Jangan heran kalau si kecil makin sering terbangun. Hal ini dikarenakan waktu tidurnya yang semakin berkurang. Di siang hari ia akan lebih lama bangun. Semakin baik kemampuan bayi mengenali jam alaminya, ia akan tidur lebih nyenyak malam hingga esok pagi.

    1. Bergumam dan tertawa

Meskipun kemampuan bicara bayi umur 1 bulan belum sempurna, namun ia sudah bisa mengeluarkan suara seperti gumaman atau tawa memekik untuk mengekspresikan perasaannya. Bunda bisa merangsang perkembangan berbicaranya dengan sering mengajaknya berkomunikasi dengan face-to-face.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *